Senin, 12 Oktober 2015

#SIP - Arsitektur Komputer Dan Struktur Kognisi Manusia

            Pada saat ini banyak yang dikenal dengan istilah arsitektur kompur, apakah arsitek komputer itu ? dan apa tujuan mereka ?, jawabanya arsitektur komputer ialah sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sistem komputer dan tujuan dari seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan  biaya yang layak, memenuhi persyaratan-  persyaratan lainnya. ada 4 komponen yang ada dalam arsitektur komputer diantaranya adalah :
  • Input (Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan
  • Sebuah komponen komputer yang bekerja untuk mengolah data yang masuk kedalam komputer dan hal itu biasa di sebut pemprosesan.
  • Sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data baik sementara atau selamanya.
  • Output (Keluaran) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
             Lalu selanjutnya kita akan membahas mengenai kognisi manusia. apakah itu kognisi manusia ?, Stenberg (1999) menjelaskan bahwa psikologi manusia berkaitan dengan bagaimana orang mempersepsi, mempelajari, mengingat dan memikirkan informasi. Lalu apa saja komponen yang ada pada kognisi manusia ? , Aries (2012) menjelaskan terdapat beberapa komponen kognitif yang terdiri dari seluruh kognisi yang dimiliki seseorang mengenai objek dan sikap tertentu, yaitu berupa fakta, pengetahuan, dan keyakinan tentang objek.
               Jadi kesimpulan dari penjelasan di atas bahwa arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia hampir sama, keduanya memiliki struktur dan bagaimana cara mereka bekerja.





Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar