Selasa, 10 November 2015

#SIP - Lingkup Data CBIS

               Disini saya akan membahas mengenai hirarki data CBIS menurut beberapa sumber, Hirarki data
    Data harus disusun secara teratur agar pengolahannya dapat dilakukan dengan baik 
    dan efisien. Pengorganisasian data dapat dibagi dalam 6 tingkatan, yaitu :
  • Bit
          Suatu sistem angka biner yang terdiri atas dua macam nilai saja, yaitu 0 dan 1.
  • Byte
          Bagian terkecil yang dapat dialamatkan dalam memori
  • Field atau kolom
        Unit terkecil yang disebut data. Merupakan sekumpulan byte yang mempunyai makna
  • Record atau baris
          Kumpulan item yang secara logis saling berhubungan
  • File atau table
          Kumpulan record yang sejenis dan secara logic berhubungan
  • Database
      Merupakan kumpulan file-file yang berhubungan secara logis dan digunakan secara rutin 
          pada operasi-operasi sistem informasi manajemen

                Lalu ada juga Pemrosesan Batch Processing, yang dimaksud dengan batch prosesing adalah Untuk memproses set besar data dengan cara tertentu, secara otomatis, tanpa perlu campur tangan pengguna. Data pertama dikumpulkan, selama hari kerja, misalnya, dan kemudian batch-diproses, sehingga semua data yang dikumpulkan diolah dalam satu pergi. Hal ini bisa terjadi pada akhir hari kerja, misalnya, ketika kapasitas komputasi yang tidak diperlukan untuk tugas-tugas lainnya.


             Ada juga real time yang dimaksud dengan realtime adalah Input terus menerus, secara otomatis diperoleh dari sensor, misalnya, yang segera diproses untuk menanggapi masukan dalam waktu sesedikit mungkin. Setelah sistem ini selesai menanggapi membaca set berikutnya input data segera memproses itu. Sistem ini tidak memerlukan pengguna untuk mengontrolnya, ia bekerja secara otomatis.

Keuntungan: Setiap kali ada reaksi cepat diperlukan karena beberapa jenis perubahan, pengolahan real time dapat mengambil tindakan tanpa perlu pengguna atau waktu proses yang lama terlebih dahulu.
                 Dan yang terakhir online procesing, sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk. Salah satu contoh penggunaan online processing adalah transaksi online. Dalam sistem pengolahan online, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, divalidasi dan digunakan untuk meng-update dengan segera file komputer. Hasil pengolahan ini kemudian tersedia segera untuk permintaan keterangan atau laporan.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar