Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet.
Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi
acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut
batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa,
sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum
dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Sama seperti di dunia nyata di mana orang berinteraksi
dengan bertatap muka atau berkomunikasi melalui telepon, etika dan peraturan
yang disepakati bersama harus diikuti. Internet adalah salah satu bentuk
komunikasi lainnya di samping cara di atas, dan itulah mengapa “Netiquette” ini
dibuat.
Pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap
dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan
mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat dan membantu Anda dalam berkomunikasi
dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa
harus mengalami salah pengertian dengan orang lain.
Aturan Inti Netiquette
Aturan-aturan berikut ini merupakan hal yang dasar untuk
dipatuhi.
Aturan Nomor 1:
Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet
sekalipun.
Jangan pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e-mail
atau posting Anda adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka.
Berikut ini beberapa kata kunci yang dapat diingat bersama:
Adalah tidak baik untuk melukai perasaan orang lain. Cobalah
untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapi bersikaplah saling
membangun.
Jangan pernah mengetik isi pesan Anda dengan menggunakan
huruf besar semua, meskipun itu hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting
di forum, atau di dalam sebuah e-mail. Dengan menulis pesan menggunakan huruf
besar semua, sama artinya Anda sedang berteriak (kecuali ternyata bukan itu
yang Anda maksudkan). Jika Anda tidak bermaksud seperti itu, yakinkan dengan
tegas dan katakan ke orang bahwa Anda sedang tidak berteriak. Ingatlah, bahwa
orang tidak dapat mengetahui apa isi hati Anda tanpa menjelaskan apa yang
sedang Anda lakukan.
Jangan pernah mengirim e-mail atau mengirim posting apapun
yang tidak layak Anda katakan ke orang lain. Internet bukanlah tempat untuk
mencari pertengkaran. Banyak orang di luar sana yang sama-sama membutuhkan
informasi berguna, jadi jangan coba-coba untuk mencari gara-gara.
FLAMING
Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Bagi yang belum
tahu apa itu flaming, berikut ini definisi sederhananya. Flaming adalah ketika
seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal-hal negatif mengenai
situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah
karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan
flaming. Maksudnya di sini adalah, lingkungan Internet tidak seperti Anda
sedang duduk dengan orang lain dan saling berhadap-hadapan, lalu mengatakan
orang lain itu gila atau Anda jengkel terhadap sesuatu. Jadi tolong beritahu
orang lain jika dia sedang melakukan flaming. Kita berusaha untuk sama-sama
mengurangi kemungkinan adanya konfrontasi di Internet.
Aturan Nomor 2:
Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata Anda saat online.
Bersikap dan bertindaklah dengan selalu memperhatikan etika,
dan jangan buru-buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet
datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap
sesuatu. Bersikaplah terbuka untuk mendengarkan orang lain dan apa yang mereka
katakan. Ini adalah Internet, jadi cobalah untuk mempelajari hal-hal yang baru
Smile. Melanggar hukum berarti telah melakukan Netiquette yang buruk. Itu yang
pelu diingat!
Aturan Nomor 3:
Ingatlah di mana Anda berada ketika Anda sedang online.
Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain.
Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, selalulah bersikap terbuka
dan jika dibutuhkan, bersikaplah kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan
bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika Anda berada di suatu wilayah topik
pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru-buru langsung mengirim
komentar. Cobalah untuk menangkap ide dari apa yang sedang terjadi atau sedang
dibahas. Setelah Anda merasa yakin dan berpikir bahwa Anda siap untuk
menambahkan informasi/komentar yang berguna, baru kirim posting. Posting yang
terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming (karena Anda sedang berusaha
untuk memahami sesuatu secara nyata, padahal Anda tidak tahu apa yang sedang
terjadi di forum).
Aturan Nomor 4:
Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.
Tidak masalah bahwa apa yang sedang Anda pikirkan merupakan
hal yang paling penting dari segalanya, tapi jangan berharap orang lain setuju
dengan Anda. Kirimkanlah posting Anda ke group yang sesuai. Jika Anda tidak
dapat menemukan group yang sesuai dengan itu dan Anda merasa bahwa posting itu
harus Anda kirim, yakinkan bahwa Subject dari posting Anda sesuai dengan isi
posting Anda, sehingga orang lain tahu bahwa posting Anda tidak mengganggu
topik diskusi saat itu.
Cobalah untuk tidak bertanya hal-hal yang bodoh di suatu
kelompok diskusi. Jika hal itu merupakan pertanyaan yang sederhana yang
jawabannya dapat dicari dari Google, jangan kirim posting Anda. Di sisi lain,
jika posting Anda merupakan sebuah tipe pertanyaan yang memerlukan jawaban
dalam bentuk opini atau pendapat, hal itu berbeda. Yakinkan orang lain bahwa
Anda ingin memperoleh pendapat atau opini dari orang lain atas pertanyaan Anda,
dan saya yakin orang akan senang membantu permasalahan Anda.
Bacalah FAQ (Frequently Asked Questions) atau Pertanyaan
yang Sering Diajukan. Sekitar 90%, semua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab
melalui bagian FAQ. Bahkan jika Anda tidak menduga bahwa Anda akan mendapatkan
jawabannya di sana, periksa dulu di FAQ. Berdasarkan pengalaman orang pada
umumnya, pertanyaan mereka dapat terjawab jika membaca FAQ.
Jika lebih cocok, gunakan e-mail pribadi daripada mengirim
posting ke group. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau komentari tapi
menurut Anda hal itu tidak perlu atau tidak penting untuk diketahui oleh orang
lain, kirim e-mail kepada orang yang bersangkutan tadi. Saya yakin, orang yang
Anda kirimi e-mail tadi juga akan senang jika dia memperoleh e-mail dari Anda,
tidak melalui forum.
TROLLING
TROLLING atau sering juga disebut juga dengan OOT singkatan dari Out of Topic yang artinya, pembicaraan yang kita lakukan keluar dari topik yang sedang dibicarakan. Kalau bisa, hindari OOT karena dapat mengganggu topik yang sedang dibicarakan. Misalkan, orang lain sedang membahas Hamster dan kamu sendirian sibuk bicara tentang reptil.
TROLLING atau sering juga disebut juga dengan OOT singkatan dari Out of Topic yang artinya, pembicaraan yang kita lakukan keluar dari topik yang sedang dibicarakan. Kalau bisa, hindari OOT karena dapat mengganggu topik yang sedang dibicarakan. Misalkan, orang lain sedang membahas Hamster dan kamu sendirian sibuk bicara tentang reptil.
JUNKING
JUNKing adalah kata kata yang tidak berguna untuk di post. Apalagi niatnya cuma buat menambahkan jumlah post. Contoh dari kata-kata JUNK:
JUNKing adalah kata kata yang tidak berguna untuk di post. Apalagi niatnya cuma buat menambahkan jumlah post. Contoh dari kata-kata JUNK:
- Troopers A: bla bla bla
- Troopers B: ga tau
- Troopers C: ??????
- Troopers D: thanks untuk info <
Contoh bukan junk >
Sumber
:
terima kasih atas info nya kak
BalasHapusVisit Us