Minggu, 17 November 2013

#PTI mengkaji jurnal psikologi tentang faktor faktor prestasi akademik yang berhubungan dengan teknologi dan informasi

Saya akan membahas jurnal mengenai Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kecerdasan Ganda Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komputer (TIK) yang ditulis oleh Harun Sitompul dan Reni Astuti yang merupakan seorang MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.
Dalam jurnal ini menerangkan globalisasi  yang  ditandai  dengan kemajuan-kemajuan  penting  dalam  teknologi informasi  dan  komunikasi  (TIK)  telah mendorong  terjadinya  perubahan-perubahan dalam  ruang  lingkup  yang  lebih  kecil  lagi dalam  proses  pendidikan  yaitu  pembelajaran. Laju  globalisasi  dapat  dilihat  dari perkembangan  IPTEK  secara  langsung maupun  tidak  langsung  dan  membawa pengaruh  terhadap  kurikulum  pendidikan. Pengaruh  langsung  dari  perkembangan  TIK ini  mempengaruhi  isi/materi atau bahan yang akan  disampaikan  dalam  proses  pendidikan, sedangkan  pengaruh  tidak  langsung  adalah perkembangan masyarakat yang menimbulkan problema-problema  baru  yang  menuntut pemecahan  masalah  dengan  pengetahuan  dan ketrampilan  baru  yang  dikembangkan  dalam pendidikan.
Jurnal ini menjelaskan bahwa Mata  kuliah TIK  masih tergolong  baru dalam  kurun  waktu  3  tahun  terakhir  untuk jurusan PGSD dan harus banyak pembenahan dalam  penggunaannya  dan  strategi pembelajaran  yang  efektif.  Mengingat matakuliah  ini  belum  sepenuhnya  dikelola dengan  baik.  Saat  ini  telah  tersedia  fasilitas pembelajaran  yang  lengkap  tetapi  belum menuntaskan  permasalahan  hasil  belajar mahasiswa dalam matakuliah TIK ini.
Kehadiran  TIK dalam PGSD banyak  membuka wawasan  pendidik  dan  peserta  didik  untuk lebih  menggali  dan  memanfaatkan  sumbersumber  belajar  lainnya  yang  dapat memperkaya isi pelajaran. Di semua tingkatan pendidikan,  setiap  pendidik  dituntut  untuk mampu  menciptakan  sendiri  media pembelajaran  sesuai  dengan  kebutuhan  dan memanfaatkan media pembelajaran yang lebih efektif  menggunakan  teknologi  yang  ada. Pendidik  hanya  perlu  menyesuaikan  dengan jenis  mata  pelajaran,  sarana  dan  prasarana yang  tersedia,  dan  kebutuhan  kelas  yang dididik.
Seiring  dengan  banyaknya  beragam media pembelajaran yang ditemui, mulai dari media  yang  sederhana  hingga  media  canggih yang zaman sekarang ini lazim disebut dengan komputer.  Pada  awalnya  komputer  hanyalah mesin  penghitung  elektronik  yang  cepat  dan dapat  menerima  informasi  input  digital, kemudian  memprosesnya  sesuai  dengan program  yang  tersimpan  di  memorinya,  dan menghasilkan  output  berupa  informasi.
komputer  berkembang  menjadi Personal  Computer  (PC)  hingga  akhirnya diperkenalkan  computer  portabel,  mobile computer  pertama  merupakan  cikal  bakal notebook  yang sekarang menjadi populer.  Era teknologi  membawa  komputer  berkembang sangat  pesat  hingga  kini.  PC  menjadi  sangat canggih,  memanjakan  penggunanya  dengan pertambahan  fitur-fitur  software  dan hardware  yang  terus  mengalami  inovasi  ke arah kemajuan dan semakin memudahkan.

KESIMPULAN JURNAL :
-          Hasil  belajar  TIK  mahasiswa  yang dibelajarkan  dengan  menggunakan  media pembelajaran  CD  Multimedia  Interaktiflebih  baik  dibandingkan  dengan  media pembelajaran  Modul.
-          Hasil  belajar  mahasiswa  yang  memiliki kecerdasan ganda visual spasial lebih baik dibandingkan  dengan  hasil  belajar mahasiswa  yang  memiliki  kecerdasan ganda linguistik verbal.
-          Terdapat  interaksi  antara  media pembelajaran  CD  Multimedia  Interaktif dan  kecerdasan  ganda  dalam mempengaruhi  hasil  belajar  TIK. 

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar