Saya Ivan Aulia
memiliki sebuah perusahaan yang berjalan di bidang jasa catering, pada perusahaan saya terdapat pegawai yang mendapat
penilaian baik dan ada pun yang buruk. Di dalam menjalani usaha ini saya
mencoba untuk menilai dan juga menelaah apa yang salah dengan perusahaan yang
saya bangun, sehingga terdapat ketimpangan dalam perusahaan ini.
Saya sebagai pemilik perusahaan ini
mencoba memikirkan apa yang salah dengan peraturan pekerjaan yang diterapkan
pada perusahaan saya ini, dan saya menemukan beberapa kendala dalam ketimpangan
ini. Yang pertama saya menemukan beberapa pegawai yang lebih senior lebih
bermalas-malasan ketika bekerja sehingga para konsumen yang memakai jasa kami,
sering memberikan complain karena ada
beberapa yang bermalas-malasan pada saat bekerja. Yang kedua saya menemukan
beberapa pegawai yang telat dalam masuk kantor dikarenakan sanksi yang di
terapkan pada perusahaan tidak begitu dapat mereka berfikir bahwa telat dapat
merugikan mereka. Dan yang terakhir terdapat beberapa dari para pegawai banyak
yang tidak bertanggung jawab atas peralatan yang dipakai dalam catering ini,
banyak sekali peralatan yg rusak dan juga hilang. Dari 3 kendala ini bagaimana
saya harus menanganinya ? berikut beberapa cara yang saya lakukan.
Pada kasus ini saya menerapkan
beberapa peraturan yang terbaik untuk perusahaan saya. Pada kasus yang pertama
yaitu para senior lebih bermalas malasan ketika bekerja. Disini saya melihat
mereka seperti merasa lebih senior dan menyebabkan mereka berperilaku seperti
itu. Saya menerapkan peraturan jika ada karyawan senior bertindak seperti itu
saya meminta kepada karyawan lainnya untuk memberitahukan ke saya dan saya akan
memberi masukan untuk mereka, saya memberitahukan kepada mereka bahwa karyawan
senior terbaik akan mendapatkan tempat yang terbaik setiap tahunnya dan juga
menerapkan siapa karyawan senior masih bersikap malas-malasan saya akan
menurunkan jabatan mereka dan ditukar dengan karyawan yg lebih muda dan
berpotensi.
Kasus yang kedua adalah dalam kasus
karyawan yang selalu telat, saya mencoba memberikan beberapa sanksi kepada
karyawan yang masih sering telat. Saya akan memberikan poin jika karyawan masuk
tepat waktu dan yang telat akan mendapatkan pengurangan poin. Poin-poin
tersebut dapat membantu mereka dalam menaikan jabatan mereka suatu saat nanti.
Pada kasus yang terakhir ini, banyak
sekali karyawan yang merusak dan mghilangkan peralatan kantor. Disini saya
mencoba mencari tau apa sebenernya mereka yang merusak dan menghilangkan atau
mereka tidak sengaja melakukan itu. Saya akan membagi setiap karyawan itu
masing masing ketua lapangan untuk mengawasi setiap pekerjaan para karyawan.
Ketua lapangan tersebut akan saya berikan perintah jika ada karyawan yang
kurang bertanggung jawab potong poin dia agar dia dapat bekerja lebih giat lagi
dan untuk karyawan yang dapat bertanggung jawab akan mendapatkan reward dari
perusahaan dan akan mendapatkan hadiah dari perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar